Glitter Words

Jumat, 23 Juli 2010

PENYULUHAN KESEHATAN



Selasa, 20 Juli 2010 kurang lebih selama 3 jam antara pukul 20.00 sampai pukul 23.00 warga RT 08 dan RT 09 Tanubayan antusias menghadiri acara penyuluhan kesehatan. Acara ini dimotori oleh ibu-ibu PKK RT 08 dan RT 09 menyusul himbauan dari PUSKESMAS Bantul I. Narasumber dr. Agung Raharjo menyampaikan materi Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Lansia, Penyakit TBC, Kesehatan Lingkungan dan sebagainya. Antusiasme para peserta yang terdiri ibu dan bapak yang jumlahnya kurang lebih 130 orang ini terlihat pada sesi tanya jawab. Sebagian peserta menanyakan perihal kesehatan lansia yang notabene berhubungan dengan keadaan kesehatan yang mereka alami. Dengan sabar dan secara maraton dr. Agung menjawab semua pertanyaan dengan baik, mudah dipahami oleh peserta lansia.



Beberapa hal yang perlu dicatat :
1. Proses pertumbuhan : calon bayi dalam kandungan - bayi lahir - balita - anak - remaja - dewasa - tua.
2. Baru menyadari kalau kesehatan itu mahal pada saat seseorang menderita sakit, pada saat sehat kadang orang tidak peduli kesehatan
3. Pola makan anak tergantung dari pembiasaan orang tua dalam mengkonsumsi makanan. Contoh anak tidak mau makan sayuran karena orang tua jarang makan sayuran.
4. Anak lebih suka makan makanan manis atau gurih ( bandingkan dengan jajanan kemasan yang disukai sebagian besar anak saat ini)yang sebenarnya makanan ini tidak sehat dan bersifat membuat perut kenyang sehingga anak sulit makan makanan yang disediakan orang tua di rumah.
5. Perbanyak makan sayur dan buah berserat.
6. Usahakan menabung kalsium ( misal perbanyak makan teri dan sejenisnya )agar pada masa tua tidak mudah mengalami osteoporosis ( pengeroposan )
7. Konsumsi susu berkalsium tidak dilarang, sekedar tahu bahwa susu jenis ini sifatnya hanya memperlambat pengeroposan.
8. Usahakan istirahat cukup, makan makanan sehat dan olah raga teratur ( misal jalan cepat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar