Glitter Words

Jumat, 23 Juli 2010

PEDULI ANAK

Dalam tata kehidupan bermasyarakat keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat – lingkungan dimana keluarga tersebut bertempat tinggal. Dalam suatu keluarga, anak merupakan bagian tak terpisahkan baik secara fisik terlebih secara psikis. Setiap orang tua mengharapkan anak – anaknya tumbuh dan berkembang secara normal dan optimal sehingga pada saatnya nanti dapat hidup di tengah masyarakat sebagai anggota masyarakat yang berpribadi utuh, indikatornya adalah diterima, berperan dan dibutuhkan oleh masyarakat.


Masa tumbuh kembang anak itu sendiri dibedakan kedalam tahapan – tahapan yaitu masa bayi ( 0-2 thn ), masa anak – anak ( 2 – 11 thn ), masa sebelum remaja ( 11 – 13 thn )., masa remaja ( 13 – 18 thn ), masa dewasa ( 18 – 65 thn ) dan masa tua ( 65 thn - … ).Dalam masa tumbuh kembang ada tugas – tugas perkembangan yang harus dialami ( diselesaikan ) anak, oleh karenanya peran orang tua sangat besar dalam membantu anak agar tugas – tugas perkembangan dapat diselesaikan dengan baik. Namun ada situasi yang sungguh memprihatinkan yaitu seiring perkembangan jaman dan tingginya tuntutan dalam pemenuhan segala kebutuhan hidup maka keterlibatan orang tua dalam membantu tugas – tugas perkembangan anak semakin menurun terutama pendampingan kepada anak usia pra sekolah, bahkan kadang orang tua menyerahkan pendampingan kepada pembantu rumah tangga.

Tugas orang tua yang harus dipenuhi antara lain :
1. Pendampingan terhadap anak – anak dan kaum muda.
2. Memfasilitasi anak –anak dan kaum muda untuk berkembang.
3. Anak – anak terlebih anak usia pra sekolah mendapat perhatian khusus karena mereka pada saatnya nanti ikut berperan dalam pengembangan masyarakat di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar