Minggu, 25 April 2010

PERINGATAN HARI KARTINI BERSAMA PDI-P

Gedung GAPENSI yang terletak sebelah barat desa sentra kerajinan kulit Manding Sabdodadi Bantul Yogyakarta atau 1 km sebelah timur RSUD Panembahan Senopati siang itu Minggu 25 April 2010 tampak ramai dikunjungi banyak orang. Bus berderet di sepanjang jalan depan gedung GAPENSI. Siang itu pengunjungnya sebagian besar kaum perempuan, pasalnya di gedung itulah diselenggarakan kegiatan Peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan oleh PDI-P Bantul dihadiri Ketua TP PKK Kab. Bantul ibu Idham Samawi yang sekaligus calon Bupati Bantul periode 2010 - 2015 juga dihadiri Rieke Dyah Pitaloka (si Oneng dalam Bajaj Bajuri )anggota komisi IX DPR RI.

Lebih jauh Rieke mengatakan bahwa perempuan Indonesia khususnya perempuan Bantul harus lebih semangat untuk meningkatkan diri, jangan mau dibodoh-bodohi, didik anak-anak semaksimal mungkin karena anak-anak merupakan generasi di masa depan yang harus dipersiapkan dari sekarang dan pada saatnya nanti diharapkan menjadi pemimpin yang cerdas dan berprinsip. Semangat Kartini ada dalam diri para perempuan Bantul khususnya ada seorang perempuan Bantul yang sudah membuktikan dirinya mampu mendampingi suaminya selama 10 tahun berkarya dan bekerja untuk masyarakat, dialah istri bapak Idham Samawi Bupati Bantul. Rieke juga mengatakan bahwa perempuan Bantul cerdas dan sudah mampu melakukan penilaian, diharapkan di masa depan banyak perempuan Bantul yang mau berjuang bersama PDI-P untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

Kamis, 22 April 2010

PERINGATAN HARI KARTINI 2010

PERINGATAN HARI KARTINI 2010 TANUBAYAN

Siapa yang tak kenal nama R.A. Kartini ? Setiap orang khususnya perempuan Indonesia pasti mengenal Raden Ajeng Kartini meski lewat gambar atau mendengar cerita orang lain. Seorang perempuan dari keluarga bangsawan Jawa, begitu peduli dengan nasib kaum perempuan di jamannya. Perjuangan R.A Kartini waktu itu adalah memperjuangkan hak kaum perempuan agar sejajar dengan laki-laki. Lihatlah ... buah perjuangan R.A. Kartini sekarang dinikmati oleh semua perempuan. Kebebasan, hak dan kesempatan mengekspresikan keinginan dan cita-cita tak lagi banyak rintangan. Banyak perempuan menjadi pegawai, menjadi pemimpin yang diperhitungkan keberadaannya. Namun ....tengoklah banyak juga perempuan yang kebablasan mengartikan kebebasan, akibatnya kontrol diri tak lagi bararti. Kemajuan ilmu pengetahuan khususnya aplikasinya dalam teknologi informasi (misalnya hand phone, internet, televisi, dll) mestinya sangat membantu memudahkan pekerjaan dan komunikasi maupun relasi antar pengguna semakin lancar namun pada kenyataannya banyak yang kurang mampu memanfaatkan teknologi.
Perjuangan kaum perempuan jaman sekarang tidak bisa dikatakan mudah terbukti banyak kesulitan yang dihadapi kaum ibu dalam mendidik dan mendampingi putra putrinya. Semua ibu mempunyai harapan besar atas anak-anak yang dipercayakan kepadanya, kelak menjadi anak yang mandiri dan berpribadi. Pada akhirnya sering terjadi kenyataan tidak sesuai dengan harapan dan pada saat itulah sebenarnya para ibu memerlukan pertolongan orang lain yang dipandang mampu dan mempunyai kompetensi lebih dari dirinya.

Pekan Pendampingan Keluarga adalah nama kegiatan peringatan Hari Kartini tahun 2010 dusun Tanubayan karena sebagian acara bertujuan untuk membantu kaum ibu dalam pendampingan keluarga sedangkan temanya Ibu Sehat Keluarga Sehat. Dari ibu yang sehat akan tumbuh anak-anak yang sehat.
Rangkaian kegiatan dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bantul ibu Idham Samawi dengan acara senam bersama dilanjutkan lomba memasak kue berbahan dasar singkong.

Ketua TP PKK Kab. Bantul ibu Idham Samawi diapit oleh Ketua PKK RT 08 & 09 Tanubayan ibu Is Sugiyanti ( berkerudung merah ) dan ketua panitia ibu Chris

Ibu sehat keluarga sehat, merah berani untuk maju dan berkembang


Asyiknya senam di tengah sawah.

Semangatnya luar biasa


Para bapak tak kalah semangat

Acara senam diikuti kurang lebih 300 orang sedangkan memasak kue diikuti oleh 24 regu. Tim Yuri diambil dari TP PKK Kab. Bantul. Berikut adalah hasil penilaian dewan yuri lomba memasak :
Juara I : Dusun Pasutan RT 02 ( Angg : ibu Endro, ibu Ngadikem dan ibu Partini)
Juara II : Dusun Niten ( anggota : ibu Deni, ibu Joko, ibu Is)
Juara III : Dusun Tanubayan RT 10 ( anggota : Ibu Rita, ibu Yanti dan ibu Ela ) .


Aku si juara ... asyik lho masak di pinggir sawah. Silahkan cicipi masakanku ueeeenak tenan

Rangkaian acara Peringatan Hari Kartini ditutup pada hari Jum'at 23 April 2010 dengan acara penyerahan hadiah lomba serta nonton film bersama tema motivasi dan perjuangan.

Jumat, 16 April 2010

BELAJAR MEMBUAT BATIK (Bag I)

BATIK JUMPUT SATU WARNA

Keinginan untuk belajar masih ada pada sebagian ibu anggota Kelompok PKK RT 08 & RT 09, setidaknya pernah mencoba. Kali ini belajar membuat batik jumput satu warna.











Selasa, 13 April 2010

BELAJAR MEMBUAT BATIK (Bag II)

MEMBUAT BATIK JUMPUT
(Dua warna)

Salah satu program PKK RT 08 & 09 Tanubayan yang telah disusun adalah belajar membuat batik. Kali ini ibu-ibu belajar membuat batik teknik jumputan, agar mudah dipraktekkan narasumber memilih batik jumput dua warna. Berikut adalah rekam jejak dari pelatihan yang diikuti oleh ibu-ibu dengan semangat yang luar biasa.

Langkah pertama : kain diberi kelereng atau benda kecil lalu diikat kuat pakai rafia

Langkah kedua : kain yang sudah diikat direndam dalam air sampai semua bagian basah.


Langkah ketiga : kain yang sudah dibasahi kemudian ditiriskan


Garam dan soda api masukkan wadah


Air panas tuangkan kedalam wadah berisi garam dan soda api




Kain dimasukkan ke dalam wadah berisi pewarna dan naptol


Proses pencelupan selesai, tiriskan


Ikatan dilepas

























Senin, 12 April 2010

PENGURUS PKK RT 08-09

PENGURUS PKK RT 08 & 09

TANUBAYAN, TRIRENGGO, BANTUL, YOGYAKARTA

PERIODE 2010 - 2012


Ketua

:

Is Sugiyanti


Wakil Ketua

:

Tukilah


Sekretaris

:

1. Sulastri


Bendahara

:

1. Yati

2. Ais


Sie Olahraga dan Kesehatan

:

1. Lela

2. Sunarsih



Sie Kesehatan Lingkungan

:

1. Nining

2. Sri Rahayu


Sie Pendidikan dan Pelatihan

:

Ch. Sukrismiyati



Sie Penghijauan

:

1. Hartini

2. Ndari Suradi


Sie Sosial

:


Rubaingah


Sie Peduli Balita dan Lansia

:

1. Madilah

2. Udi Kartono



Sie Tabungan

:

Dewi Ratna



Sie Pengelolaan Saham

:

1. Yuli Sumadi

2. Sumarni



Sie Koperasi

:

1. Kartini

2. Giyanti



Sie Humas

:

1. Supriyati

2. Suyati



Sie Perlengkapan

:

1. Kamsinah



SALAM

Selamat datang dan terima kasih Anda sudah berkenan mampir di blog PKK RT 08 & 09 Tanubayan, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Blog ini berisi smua hal yang berhubungan dengan kegiatan ibu PKK yang tentunya mempunyai harapan untuk maju dan berkembang.